Skip to content
Februari 14, 2007 / dewanggastanpbg

CARI KOS di Lingkungan STAN

Cari kost di lingkungan STAN susah-susah gampang. Banyak banget alternatif lingkungan tempat tinggal kamu ntar kalo dah jadi mahasiswa STAN. Cara paling gampang tuh, kamu hubungin aja temen daerah kamu yang udah kuliah di STAN, atau Organda daerahmu. Mereka bakalan ngebantu kamu nyariin kost yang kiranya cocok buwat kamu. Biasanya sih kamu bakal disaranin kos bareng mereka. Pasti ada enak dan nggaknya sih, kalo enaknya ya udah pada kenal, sedaerah lagi. Nggak enaknya ya kamu ngerasaain sendiri ntar deh.

Disini di STAN, kalian akan merasakan suasana yang ekstrim banget dimana orang yang kaya dan yang miskin sangat dalam jurang pemisahnya (Kesenjangan Sosial yang mencolok) karena di depan Pintu Gerbang Depan berdiri Perumahan yang notabenenya ‘Bintaro Kawasan Elit’. Sedangkan disamping dan di belakang STAN adalah lingkungan masyarakat Betawi Asli

Sebagian besar kost-kostan di lingkungan STAN dibayar tahunan, tapi ada juga sih yang bulanan (tapi dikit). Yuk… kita liat daerah calon kost-kost-an kalian. Disini ada 6 wilayah besar kost-kost-an yang mengelilingi kampus STAN. Ini bia jadi bahan pertimbangan kalian waktu dateng ke kampus STAN.

  1. Perumahan Pondok Jaya.
    Wilayah ini cukup exclusif , suasananya tenang dan bersih lagi. Tapi ya itu diimbangi dengan sepinya suasana. Karena lingkungan ini tepatnya adalah lingkungan perumahan elit, maka kalo kalian cari makan mesti keluar agak jauhan dikit dari kost. Yang satu ini merupakan daerah yang paling mewah. Enaknya, air didaerah sini bersih, jadi nggak perlu beli Aqua galon untuk minum. Memang biaya kostnya juga sedikit mahal. kira kira 3-4 juataan per tahun. Jarak dari kampus sekitar 1 kilometer, jadi kalian jalan kaki ya pasti capek (wong kuliahnya tiap hari – jadwal gak mesti lagi)
  2. Perumahan PJMI ( Pondok JurangMangu Indah)
    Wilayah mewah kedua setelah Pondok Jaya. Memang suasananya agak ramai namun cukup kondusif untuk belajar. Airnya juga bersih ‘n cukup dekat dengan kampus. Biaya kost disini sekitar 2,5 – 4 jutaan per tahun. Lingkungan PJMI berseberangan persis dengan Kalimongso yang merupakan sentra mahasiswa, jadi kalo cari makan atau kebutuhan umum mahasiswa lainnya kalian cukup keluar sebentar dari kost. Jarak lingkungan PJMI dari kampus sekitar 600 meter dari kampus.
  3. Kawasan Ceger
    Wilayahnya agak ramai karena dekat dengan jalan raya Ceger. Ceger merupakan gerbang belakang kampus STAN.. Disini kalian dekat dengan warung makan yang bertebaran dipinggir jalan. Selain itu segala kebutuhan mahasiswa ada di sepanjang Jalan Ceger. Kalo tiap hari kalian kekampus jalan kaki, jarak 750meter dari mungkin terasa jauh. Lingkungan kost disini harganya bervariasi antara 1,8-3 jutaan
  4. Kawasan Sarmili
    Wilayah ini tergolong yang sangat tenang, tentram dan cocok buat kamu-kamu yang ingin konsentrasi belajanya gak terganggu ama suara-suara bising. Udah gitu jaraknya dari kampus deket banget, paling-paling 100 meter. Meskipun musim kemarau tiba, air tetap melimpah. Dan kalo musim hujan, gak becek. Lingkungan disni paling teduh karena masih banyak pepohonan rindang. Dikarenakan lingkungan ini mayoritas masyarakat Betawi sehingga harga kost tiap tahun berkisar 1,5 – 2,5 jutaan.
  5. Kawasan Kalimongso
    Wilayah ini merupakan daerah yang paling kumuh. Selain itu, "penduduknya" (mahasiswanya) juga sangat banyak, dikarenakan saking dekatnya dengan kampus. Airnya sangat kotor so kamu harus beli Aqua galon. Kalo musim kemarau kadang buat mandi pun air susah. Memang biaya kost-kost-an lebih murah dan banyak tersedia warung makanan. Daerah ini merupakan daerah paling dekat dengan kampus..Harga kost disini berkisar 2-3 jutaan per tahun
  6. Perumahan Pondok Safari
    Agak kurang terkenal emang karena jaraknya dari kampus paling jauh diantara 5 kawasan lain. Dari kampus sekitar 1,5 kilometer. Kalo kalian gak bawa kendaraan sendiri saya saranin jangan disini karena bakalan capek ngejalanin kuliah. Lingkungan ini adalah lingkungan perumahan yang levelnya masih dibawah Pondok Jaya.

Nah sekarang kamu udah pade tau wilayah-wilayah kost-kost-an. So, lo bisa tau dan milih yang sesuai untuk kamu semua. Tinggal gimana kamui nentuin pilihan, nih kakak kasih bebererapa tips yang bisa ngebantu kamu :

  1. Cari suasana belajar yang nyaman, tentram dan kondusif
    Karena tujuan kamu di STAN dan tugas kamu adalah belajar, maka poin pertama yang mesti kamu pertimbankan adalah suasana belajar di lingkungan itu. Usahakan tempatnya jangan terlalu ramai, nggak deket-deket banget ama jalan raya besar.
  2. Sesuain dengan kondisi keuangan ortu
    Hampir semua kost dibayar tahunan, maka kamu tuh harus pertimbangin poin ini. Jangan cari kost yang kiranya bakal nyusahin keadaan finansial keluarga. Cari yang pas aja ama duit ortu kamu ya !!
  3. Pertimbangan jarak ke kampus
    Karena kuliahnya tiap hari dan jadwalnya gak tentu kadang mesti pulamg dulu trus masuk lagi, maka poin ini jadi penting. Kalo kamu emang gak bakal bawa kendaraan/motor sendiri alias kuliah pake jalan, ya cari kost yang deket kampus aja lah. Lah kalo kalian mau bawa motor, ya mau deket ato jauh gak masalah.
  4. Cari lingkungan yang fasilitasnya memadai
    Ada beberapa fasilitas yang penting yaitu banyak sedikitnya warung makan, kios fotocopy (Buwat fotocopy buku/tugas), warnet (buwat refreshing) dan sebagianya yang emang penting buat hidup kamu sehari-hari
  5. Kalo bisa dekat tempat Ibadah
    Biar kamu bisa selalu dekat ama Tuhan, kamu cari yang deket ama tempat ibadah kamu. Kalo masjid, hampir di tiap lingkungan pasti ada minimnal 1.
  6. Dekat dengan sarana olahraga
    Biar badan kamu terawat, dan sehat kamu mesti dekat sarana olahraga. Di STAN lapangan bola paling gampang dicari.
  7. Kemudahan air bersih
    Poin ini jangan lupa, karena tanpa airgak mungkin ada kehidupan didunia ini. Cari yang airnya gak susah dan bersih. Karena di Jakarta terkadang susah nyari tempat yang airnya masih murni.

Selain kost, ada alternatif tempat tinggal lain, yaitu kamu ngontrak satu rumah. Ini bisa dilakukan dengan syarat ber’patungan’ ria dengan temen-temen kamu. Emang kadang jatuhnya harga per anak bisa lebih murah. Kalian bisa bareng temen yang emang kalian pengin tinggal bareng .Biasanya tempat kontrakan ada di kawasan PJMI ama Pondok Jaya serta Pondok Safari. rumah rumah yang gak dipake pemiliknya dikontrakin sama para mahasiswa. Tapi awas ada beberapa poin penting yang perlu kamu catat:

  1. Harus bisa ngurus rumah, kaya ngurus rumah sendiri (emang kadang repot juga)
  2. Jaga kekebasan, jangan ama kebablasan karena gak ada yang ngontrol selain diri sendiri
  3. Suasana belajar terkadang susah didapet yang nyaman, makanya pas mau ngontrak pilih bener-bener temen yang cocok ama kamu

Oke mungkin sampe’ sini aja info tentang kost-kost-an ama tetek bengek tempat tinggal kamu nantinya, semoga bisa ngebantu kamu dalam nentuin pilihan kost nantinya. Itu dengan syarat kamu lulus USM STAN!!!!.
We will wait u in STAN …. So join with us

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: