Skip to content
Februari 14, 2007 / dewanggastanpbg

Kamu gak Lolos SPMB? Gak sah khawatir ?

Kegagalan dalam SPMB bukan akhir dari segala-galanya, jadi kamu tidak perlu merasa kecewa berat atau stress, toh masih ada cara lain yang mungkin lebih baik dan pas buat kamu, ketika gagal SPMB. Makanya perlu ada antisipasi jauh hari sebelum ikut SPMB, ini untuk menghindari agar kamu nggak kecewa berat, kalau kamu memang kecewa, atau agar kamu nggak stress, karena udah punya persiapan yang mantap sebelum SPMB. Orang yang siap menghadapi SPMB, bukan saja siap untuk sukses lolos SPMB tapi juga harus siap untuk tidak lolos SPMB, ya nggak?

Kegagalan akan jadi arti penting bagi kita, ketika kita menilai kegagalan itu dengan benar. Bahwa kegagalan itu kita harus cari sebab musababnya dimana, kurang belajar, kurang persiapan, kurang hati-hati dan lain sebagainya. Terimalah kegagalan dengan lapang dada, dengan lebih memfokuskan apa yang seharusnya kamu lakukan setelah gagal SPMB, ok, ikuti ajak kiat-kiat berikut :

  • Cari Sekolah Gratis
    Ini sebenarnya yang paling utama karena dengan kita kuliah gratis kita bisa meringankan beban ortu kita. Trus biasanya sekolah gratis tersebut setelah lulus kita bisa langsung ditempatkan di Instansi tertentu.
    Ada beberapa jenis sekolah gratis
    1. Perguruan Tinggi Kedinasan
      Jenis Perguran Tinggi ini biasanya dimiliki atau dikelola suatu Departemen yang dananya berasal dari pemerintah. Ntar kalo sudah lulus kamu ditempatkan langsung didepartemen yang bersangkutan. PTK ini tersebar diseluruh Indonesia dengan paling banyak ada di Jabotabek. Contohnya STAN, STIS, STPDN dan sebagainya. Lengkapnya klik disini !!
    2. Perguruan Tinggi Kedinasan Swasta
      Sekolah sekolah ini dimiliki dan dikelola pihak swasta seperti perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan input tenaga kerja yang terampil dan berkualitas sehingga mereka mencari sedini mungkin mulai dari lulusan SMA dan mereka didik secara langsung. Setelah lulus biasanya juga langsung ditempatkan di perusahan tersebut. Contohnya PTTK Siemens, Pendidikan BCA dan sebagainya. Lengkapnya klik disini !!!
  • Bagaimana dengan Prodip (Program Diploma)
    Ada salah satu alternatif yang cukup bagus juga kamu pilih yakni program diploma, baik diploma I, II atau III. D-I masa kuliah normalnya satu tahun, ini bisa kamu pergunakan juga untuk mengisi kekosongan sambil menunggu SPMB tahun depan, tapi diusahakan pilih D-1 yang sesuai dengan bakat atau pilihan waktu mengikuti SPMB, ini untuk mengantisipasi jika untuk kedua kalinya kamu gagal SPMB, kamu bisa ambil D-2 atau D-III di program yang sama. Khusus untuk prodip ini memang lulusannya dipersiapkan untuk tenaga terampil, sehingga kalau kamu lulus D-1, memilih kerja usahakanlah kerja yang tidak menggangu kuliahmu, kalau kamu berniat untuk meneruskan kuliah di program yang sama. Atau kalau memang memilih D-3 maka ada PTN yang bisa mentransfer mahasiswa D-3 untuk menjadi S-1, nah itu bisa kamu lakukan jika kamu pandang itu baik bagi kamu.
  • Alternatif PTS
    Tak perlu terlalu kecewa kalau kamu tak lolos SPMB, bukankah ada PTS yang kualitasnya hampir sama dengan PTN atau dosen-dosennya juga PTN. Untuk itu perlu pilih dan selidiki mana PTS yang pas buat kamu, kalo bisa sesuai dengan Fakultas dan Jurusan yang udah kamu pilih waktu SPMB. Perlu diperhatikan juga, jangan asal pilih PTS, banyak PTS yang hanya jual namanya tapi kredibilitasnya tak sebagus namanya, karena nilai mahasiswanya didapat dari bayaran sejumlah uang. PTS yang bagus tidak selalu mahal, tapi biasanya harga menunjukkan kualitas, untuk itu kamu perlu juga lihat alumni-alumni PTS itu bisa bersaing tidak dengan alumni PTN ketik sudah lulus kuliah. Artinya lulusan PTS punya nilai jual yang tinggi karena kualitasnya. Yang penting pilih PTS yang sesuai dengan otak dan ortumu punya uang.
  • Perkuat dengan Bimbel
    Jika kamu betul-betul hanya pingin masuk PTN, maka pergunakanlah dengan baik waktu 1 tahun itu untuk konsentrasi belajar di Bimbingan Belajar. Atau privat bimbel yang intensif. Penguasaan matematika sangat berguna bagi kamu yang ngebet ikut SPMB program IPA/IPS/IPC tahun depan. Selain sebagai modal untuk mengerjakan matematika, sekaligus juga modal menguasai Fisika. Pilih bimbel yang bener-bener berkualitas, dan yang berpengalaman berhasil meloloskan peserta Bimbel dalam SPMB. Usahakanlah minta cara penyelesaian soal-soal SPMB tahun kemarin dengan cara yang tercepat dan termudah. Hal ini untuk mempermudah cara belajar kamu juga supaya kamu nggak begitu sulit memikirkan soal-soal yang akan keluar nantinya.
  • Kalau Ikut Kursus
    Mengambil kursus juga merupakan alternatif lain yang cukup jitu untuk kamu ambil. Misalnya kursus bahasa inggris, untuk membantu kamu nantinya ketika masuk SPMB karena literature disana banyak berbahasa inggris. Selain itu untuk kamu yang milih program IPA/IPS/IPC bisa jadi modal untuk bisa lolos SPMB tahun depan. Atau kursus yang sesuai dengan bakat dan kemampuan kamu yang penting tidak mengganggu waktu belajar kamu buat persiapan SPMB tahun depan. Siapa tahu kamu bisa ahli dalam bidang tertentu khan bisa untuk modal masa depan.
  • Ikut Pesantren
    Ikut Pesantren, tidak kalah jitunya pilihan yang boleh kamu pilih. Sambil mempersiapkan SPMB tahun depan, masuk ke pesantren dulu. Disana kamu bisa dapat gemblengan mental yang islamy, sebelum kamu benar-benar siap menghadapi SPMB tahun depan. Lagian, yang satu ini bisa buat bekal di akhirat kelak. Kenapa tidak dicoba yang satu ini. Jadi pilih pesantren yang memperbolehkan mondok 1 tahun, atau ikut pesantren-pesantren kilat yang diadakan oleh remas, atau organisasi-organisasi Islam lainnya.
  • Cari kerja sambilan
    Ini adalah anternatif terakhir daripada kamu ngganggur dirumah, mending kamu cari kerjaan yang gak butuh skill . Atau kamu juga bisa bantu-bantu kerjaan saudara yang punya usaha. Tapi perlu diinget kamu juga mesti persiapkan diri buat SPMB tahun depan. Mentang-mentang udah bisa cari duit sendiri (walapun dikit) kamu jadi males sekolah, ini yang perlu kamu perhatikan lho..

Nah, banyak sebenarnya alternatif yang bisa lakukan, ketika kamu gagal SPMB. So, nggak perlu stress karenanya, kalau kemudian kamu masih stress karenanya berarti ada something wrong dalam diri kamu, yang ini harus diteliti apa hal itu?

Apakah kuliah itu menentukan segala-galanya? Apakah kita bisa terpandang dan dikatakan berkpribadian kalau kita punya title sarjana S-1? Ataukah jaminan kalau lulusan S-1 itu bisa mudah cari kerja? Jikalau yang kamu cari prestise, harga diri atau title dalam kuliah maka suatu saat jikalau hal itu tidak kamu dapatkan pasti kamu akan kecewa.

Faktanya justru ada yang kebalikan, orang yang tidak lulus S-1 tapi kemampuanya bisa setara dengan sarjana dan mendapat kehormatan lebih dari yang sarjana dan kerjanya tidak seburuk kalo memang dia lulusan S-1. Tapi kalau kamu kuliah untuk menuntut ilmu, apakah harus lewat PTN? Apakah hanya lewat PTN kamu akan memperoleh ilmu yang sungguh-sunguh ilmu, yang akan mengantarkanmu pada kebahagiaan hidup yang hakiki? Harap kamu ketahui, banyak lho orang yang berilmu tapi ia tidak pernah mengenal bangku PTN atau universitas apa pun. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menjadi orang yang berilmu, yang jelas mantapkan keikhlasanmu untuk kuliah karena menuntut ilmu. Mudah-mudahan Allah memasukkan kamu ke dalam golongan yang "Allah mengangkat derajat orang-orang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapat derajat (Al Mujadalah 11) .

[Terinspirasi himasurya dengan sedikit perubahan]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: