Skip to content
Februari 14, 2007 / dewanggastanpbg

Tips Cari kos di STAN

Kost atawa tempat kontrakan adalah rumah kamu sewaktu di perantauan, jadi cari tempat yang cocok ama kondisi kamu dan lingkungan atau rumah kamu di rumah. Untuk cari tempat kost kamu gak boleh asal-asalan karena ntar kamu nyesel sendiri masalahnya kost di STAN rata-rata tahunan, jadi kamu nggak bisa aja asal pindah. Ini ada beberapa kiat kamu cari kost di STAN


  1. Suasana
    Suasana yang nyaman akan bikin kamu kerasan tinggal di kost dan bikin semangat belajar terus membara (kayak api aja). Kost yang baik seharusnya nggak terlalu bising atau yang agak jauh dari jalan raya. Pilih kost yang penghuninya nggak terlalu banyak. Lalu kalo bisa pilih kamar yang jauh dari sumber suara seperti pompa air dan lain-lain.
  2. Jarak dari Kampus
    Ini adalah pertimbangan yang penting banget, karena kalo kost kamu jauh dari kampus atawa gedung kuliah energi kamu bakalan terkuras hanya untuk berangkat kulaih ke kampus. Ujung-ujungnya ketika kuliah kamu dah kecapean dan konsentrasi belajar ilang dan yang paling parah kamu bisa ketiduran di kelas

    Tempat kost yang deket ama kampus bakalan mendorong kamu lebih aktif di kegiatan kampus dan mempermudah bila ada keperluan mendadak yang harus dilakukan diksot sewaktu kamu sedang kuliah. Selain itu juga bisa mengurangi kemungkinan kamu telat masuk kuliah, karena mahasiswa yan telatan bakalan dapat perhatian lebih dari dosen (tentunya bukan perhatian yang baik lho..). Tapi nggak salahnya juga kalo ksot kamu jauh dari kampus kan itung-itung olahraga sebelum kuliah

  3. Teman satu kost
    Bila dalam satu kost kamu ada teman satu spesialisasi akan sangat membantu kamu dalam belajar nantinya. Kalian bisa diskusi bareng, dapet saling melengkapi materi dan berbagi kisi-kisi ujian. Apalagi kalo ada kakak kelas yang sama spes nya dengan kamu, kamu dapat meminjam buku-buku dan fotocopian bahan kuliah dan bertanya bila ada kesulitan dalam belajar. Selain itu kakak kelas biasanya lebih tau mengenai lingkungan kost maupun kampus bahkan mengenai sifat dosen dan caranya dalam menilai Ujian yang sangat menentukan IP kamu nantinya.

    Biasanya anak STAN temen kostnya adalah teman satu kampung alias sedaerah. Ini karena dulunya mereka cari kost ditemenin oleh kakak-kakaknya itu. Banyak untungnya kalo kalian bisa sekost ama teman sekampung, karena kalo ada yang pulang kampung kamu bisa nitip apaan gitu.

    Sebagian anak STAN mempunyai teman satu kamar. Kamu perlu pertimbangkan juga, soalnya dengan adanya teman satu kamar dapat mengurangi biaya sewa kost. Kamu dapat belajar bersama, saling tukar pikiran dan laen laen. Tapi kalo kamu milih tinggal sendiri juga nggak papa, mungkin kamu butuh lebih privasi, kamu butuh ketenangan dalam belajar da lebih mudah belajar sendiri.Tapi kalo dulu kamu dirumah kamarnya sendiri-sendiri kamu biasanya lebih milih kamar yang sendirian.

    Teman satu kost juga perlu diperhatiin. Teman yang baik dan soleh akan mempengaruhi dan memotivasi kamu untuk berbuat lebih baik pula. Karena pergaulan sangat menentukan dalam kehidupan kamu, kalo kamu gaul sama kyai ya jadi kaya kyai, tapi kalo kamu gaul sama mailng ya jadi maling deh..

  4. Jarak dari Masjid / Mushola
    Kost yang dekat dengan masjid akan selalu ingetin kamu akan sholat berjamaah di masjid
  5. Fasilitas dan ukuran Kamar
    Cari kamar yang ukurannya memadai dan fasilitasnya mencukupi. Fasilitas yang sebaiknya ada dalam kamar kost yaitu tempat tidur (kalo 2orang yang ada 2 tempat tidur), meja belajar. Biasanya kamar kost nggak menyediakan lemari, jadi kamu harus beli sendiri lemari. Lemari dari kain bisa jadi pilihan karena harganya murah, daripada lemari kayu.

    Usahakan tempat kost kamu memenuhi syarat kesehatan meski biasanya hanya pas-pasan saja. Tempat kost kamu baiknya punya ventilasi udara yang baik dan cahaya yang cukup. Kualitas air jangan lupa diperhatikan. Cari lingkungan yang airnya gampang, baik dimusim hujan atawa kemarau. Lalu kamar mandi, miminal tuh ada satu kamar mandi buat 4 orang. Tapi ada juga kost yang kamar mandi didalam kamar sendiri. Jangan lupa cari kost yang ada telepon rumahnya jadi gampang dihubungin.

  6. Biaya sewa kamar
    Masalah uang adalah masalah yang sangat relatif bagi tiap orang. Bisa jadi murah bagi kamu, tapi mahal buat orang lain. Tempat kost yang bagus biasanya harganya lumayan mahal, sedang yang pas-pas an biasanya agak murahan dikit. Untuk kost yang bagus harganya > 3 juta per tahun. Tapi kalo yang sedang sih berkisar 1,5 – 3 juta per tahun. Itu juga tergantung kamu waktu nawar ama si pemilik kost.

Mungkin, hanya itu yang bisa kakak kasih ke temen-temen semua. Dan jangan lupa untuk menghindari calo dengan cari kost sendiri atawa minta bantuan aja ke kakak kelas terutama dari satu daerah asal ( Alamatnya dan Contact Personnya bisa kamu lihat disini ), lumayan kan bisa ngirit 100 ribuan. Jadi selamat mendiami kost yang baru.

Dikutip dari Infomaru dengan banyak perubahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: