Skip to content
Februari 14, 2007 / dewanggastanpbg

Tips Cari kuliah setelah lulus SMTA

Lulus SMA masih bingung cari kuliah ?? Itu adalah problem yang pasti dihadepin ama kamu-kamu setelah lulus SMA. Ada yang bingung mau kuliah di PTN, PTS atau PTK. Ada juga yang bingung mementukan jurusan yang mau dimasuki. Yang paling parah, yang masih bingung mau kuliah atau nggak.

Nah disini kakak bakalan ngasih sedikit pengalaman ama tips yang bisa kamu ikutin kamu kamu mau. Biasanya kamu setelah lulus masih lihat-lihat temen, apa mereka mau kuliah atau nggak? kuliah diman ? Masuk jurusan apa ? Nah disini terkadang kamu bisa saja kepeleset dari keinginan kamu semula. Nah ini yang perlu kamu waspadai. Mantapkan Niat kamu terlebih dahulu. Dalam menentukan terkadang sulit, banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Ini ada beberapa poin yang sedikit penting

  1. Cari tahu minat kamu sebenarnya dimana?
    Ini adalah yang paling penting, tanpa minat yang jelas kamu bakalan terombang-mabing dalam nentuin jurusan terutamanya. Kalo kamu masuk jurusan yang gak sesuai dengan minat kamu, bisa-bisa ditengah jalan kamu baklan stress yang ujung-ujungnya kamu gagal dalam kuliah. Ini yang gak diinginkan ama semua orang. Kamu sendiri pasti stress, orangtua yang udah capek-capek nyari duit biar bisa membiayain kuliah kamu bakalan sia-sia usahanya. Dan pasti kecewa berat. Jadi ini adalah poin terpentingnya.
  2. Lihat kemampuan kamu sebenarnya potensial dimana ??
    Setelah kamu menentukan minat kamu, biasanya sih minat ama kemampuan seimbang. Tetapi terkadang minat nggak pandang kemampuan diri sendiri. Kamu perlu instropeksi diri kamu, sebenarnya kemampuan potensial kamu ada dibidang apa? Ini yang kadang sulit, mungkin kamu ngerasa kalau bidang exact jelek, dan bidang pengetahuan kamu jelek. Nah, aku potensialnya ada dimana sih??
  3. Abis lulus dari kuliah, prospek masa depan dari PT dan jurusan yang kamu pilih
    Sebelum kamu menentukan jurusan yang bakalan kamu masukkin, jangan lupa lihat prospek masa depan setelah kamu lulus. Wong tujaun utama kamu kulaih kan ujung-ujungnya nyari kerjaan. Nah ini bisa kamu cari informasinya di internet, atau tanya kaka- senior kamu yang udah ngerasain kuliah dijurusan tersebut.
  4. Lihat keadaan keuangan Orangtua
    Ini poin yang sebenarnya penting gak penting. Nah disini kamu perlu cari tahu biaya kuliah di PT dan jurusan yang kamu inginkan. Tapi yang pasti biasanya di PTN Reguler lebih murah dari Swasta. Dan yang paling murah ya kuliah di PTK , GRATISS !!

Mungkin, hanya itu yang bisa kakak kasih ke temen-temen semua. Walaupun sedikit tapi Insya Allah bermanfaat. Initnya berpulang kepada kamu sendiri, kamu yang menentukan pilihan hidup kamu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: