Skip to content
April 28, 2009 / dewanggastanpbg

Pengumuman Pendaftaran STAN tahun 2007/2008

DEPARTEMEN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
SEKRETARIAT JENDERAL
Nomor: PENG-395/SJ/2007

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA I DAN III KEUANGAN
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA
TAHUN AKADEMIK 2007/2008

Departemen Keuangan Republik Indonesia akan menerima putra dan putri warga negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dengan spesialisasi sebagai berikut :

No. Spesialisasi Program Diploma
1 Akuntansi Pemerintahan III
2 Kebendaharaan Negara / Anggaran I dan III
3 Kepabeanan dan Cukai I dan III
4 Pengurusan Piutang dan Lelang Negara I dan III
5 Penilai (Pajak Bumi dan Bangunan) III
6 Administrasi Perpajakan I dan III

I. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN MENGIKUTI UJIAN SARINGAN MASUK

  1. Berijazah SMU/SLTA dan sederajat, Madrasah Aliyah dan SMK semua Jurusan tahun 2005, 2006 dan 2007
  2. Untuk :
    • Lulusan tahun 2005 dan 2006
      Nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan
    • Lulusan tahun 2007
      Nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada Ijazah/Ijazah Sementara tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.
  3. Umur tidak lebih dari 21 tahun dalam pengertian lahir pada/setelah tanggal 1 September 1986, berdasarkan tanggal lahir yang tercantum di dalam Ijazah/Ijazah sementara
  4. Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika dan sejenisnya.
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan
  6. Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
    1. Yang diterima hanya calon peserta pria.
    2. Tinggi badan minimal 165 cm.
    3. Tidak buta warna.
    4. Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan aerobik yang pelaksanaannya dapat dilakukan di salah satu tempat berikut : Medan,Makasar,Balikpapan dan Jakarta.
  7. Menyetor biaya ujian saringan masuk sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah). Penyetoran dapat melalui semua cabang dari bank-bank sebagai berikut :
    1. Bank Mandiri, Kantor Cabang Pembantu Tangerang Bintaro a.n Bendahara Penerimaan BPPK nomor rekening : 128-00-0499934-5 ,
    2. Bank BRI, Kantor Cabang Pembantu Bintaro, a.n Bendaharawan Penerimaan BPPK Nomor Rekening : 0521-01-000021-30-3
    3. BANK BNI, Kantor Layanan Bintaro, a.n Bendaharawan Penerimaan BPPK” Nomor Rekening: 0124385795
    Bukti setor harus atas nama calon peserta ujian dan disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dll).
    Dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
    2. Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran ditanggung peserta.
    3. Panitia tidak menerima bukti setor kolektif

II. KETENTUAN PENDAFTARAN DAN UJIAN

  1. Pendaftaran dapat dilakukan di lokasi di bawah ini:
    Lokasi Alamat
    Jakarta Kampus STAN/Prodip Keuangan,
    Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang
    Banda Aceh KPP Banda Aceh, Jl T. Muhammad Daud Beureuh No 20 Banda Aceh
    Medan Balai Diklat Keuangan I, Gedung Keuangan Negara
    Jl. P. Dipenogoro No. 30 A Medan
    Padang KPP Padang, Jl Bgd Aziz Khan No 22 Padang 25001
    Palembang Balai Diklat Keuangan II, Jl. Kolonel Atmo No. 56 Palembang
    Cimahi Balai Diklat Keuangan VII, Jl. Gado Bangkong No.3 Cimahi Bandung
    Semarang Kanwil XIII Ditjen Perbendahaan, GKN
    Jl Pemuda No 2 Semarang
    Yogyakarta Balai Diklat Keuangan III, Jl. Raya Solo KM 11 Purwomartani Kalasan
    Malang Balai Diklat Keuangan IV, Jl. A. Yani Utara No. 200 Malang
    Balikpapan Balai Diklat Keuangan V, Gedung Keuangan Negara Jl. A. Yani No.68 Balikpapan
    Pontianak KPP Pontianak
    Jl Sultan Abdurahman No 1 Pontianak 78116
    Makassar Balai Diklat Keuangan VI, Jl. A. Yani No. 1 Makassar
    Manado Balai Diklat Keuangan VIII, Jl. Bhatesda No. 24 Menado
    Denpasar Kanwil XIV DJKN,
    GKN I , Jl Dr Kusuma Atmaja Denpasar
    Sorong Kantor Pelayanan Pajak Sorong Jl. Jend Sudirman No.26 Sorong
    Mataram Kantor Pelayanan Pajak Mataram, Jl. Raya Langko No. 74 Mataram
    Kupang Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Kupang Jl. Praja No. 2 Kupang
    Jaya Pura Kanwil XVIII Ditjen Pajak Maluku dan Papua,
    Jl A Yani No 8 Jayapura
  2. Pendaftaran tidak dapat diwakilkan.
  3. Pendaftaran dilaksanakan pada hari dan jam kerja pada : 2 s.d 20 Juli 2007
  4. Pada waktu mendaftar, peserta ujian harus menyerahkan :
    1. Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada Syarat-Syarat Pendaftaran Mengikuti Ujian Saringan Masuk Romawi I nomor ke-7.
    2. Fotokopi Ijazah/Ijazah Sementara yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    3. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  5. Pilihan Program dan Jurusan:
    1. Calon peserta ujian harus menentukan Program Diploma I dan III dengan urutan prioritas.
    2. Untuk masing-masing Program , calon peserta ujian dapat memilih maksimal 3 (tiga) jurusan sesuai dengan prioritasnya (pilihan ke-1, ke-2, dan ke-3).
    3. Penentuan jurusan bagi calon peserta yang lulus didasarkan pada pilihan peserta seperti diatas. Dalam hal program dan spesialisasi yang dipilih sudah penuh, Panitia Penerimaan Mahasiswa akan mengalokasikan peserta yang lulus selebihnya ke program dan spesialisasi yang masih memerlukan
  6. Materi ujian yang akan diujikan adalah tes tulis yang meliputi:
    1. Tes Kemampuan Umum
    2. Tes bahasa Indonesia
    3. Tes Bahasa Inggris
  7. Ujian dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 5 Agustus 2007.
    Waktu dan tempat ujian akan diumumkan pada saat mendaftar di tempat pendaftaran.

III. PENGUMUMAN HASIL UJIAN DAN PENDAFTARAN ULANG

  1. Hasil ujian saringan masuk akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus 2007 pukul 11.00 WIB.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus ujian saringan masuk harus melakukan pendaftaran ulang di tempat-tempat yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa dengan menyerahkan :
    1. Pasfoto berwarna terbaru sebagai berikut :
      • ukuran 2×3 cm = 2 lembar
      • ukuran 4×6 cm = 4 lembar
    2. Dua lembar fotokopi Ijazah yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah dengan memperlihatkan Ijazah aslinya.
    3. Surat Keterangan Dokter Pemerintah/Dinas Kesehatan yang menyatakan bahwa calon berbadan sehat dan tidak cacat badan.
    4. Surat Keterangan Dokter Pemerintah/Dinas Kesehatan yang menyatakan bahwa calon tidak terkena/tergantung pada narkotika dan sejenisnya.
    5. Surat Keterangan hasil rontgen dari dokter spesialis paru yang menyatakan paru-paru baik/sehat.
    6. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah yang menyatakan belum pernah menikah.
    7. Surat pernyataan dari calon mahasiswa bahwa selama mengikuti pendidikan tidak akan menikah dan mematuhi peraturan disiplin mahasiswa.
    8. Surat pernyataan kesanggupan wajib kerja di Departemen Keuangan atau Instansi Pemerintah baik di pusat maupun di daerah.
  3. Panitia penerimaan mahasiswa berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima menjadi mahasiwa walaupun telah lulus ujian saringan masuk, apabila terdapat persyaratan pada klausul Nomor I (butir 1 s.d 7) atau Nomor III buti ke-2 diatas yang tidak dipenuhi oleh calon dalam batas waktu pendaftaran ulang.

IV. PENDIDIKAN

  1. Lama pendidikan untuk Program Diploma I adalah 2 semester dan Program Diploma III adalah 6 semester. Yang tidak berhasil mencapai indeks prestasi yang ditetapkan pada akhir setiap semester akan dikeluarkan dari pendidikan.
  2. Pendidikan diselenggarakan di lokasi sebagai berikut :
    1. D III : Kampus STAN Jakarta.
    2. D I Pajak: Kampus STAN Jakarta dan/atau Balai Diklat Keuangan
  3. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tidak memungut uang kuliah selama mengikuti pendidikan.
  4. Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III untuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan harus lulus ujian penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan

V. LAIN-LAIN

  1. Semua biaya (pengangkutan, pemondokan dan lain-lain) yang dikeluarkan oleh peserta ujian/calon mahasiswa dalam rangka mendaftarkan diri mengikuti ujian saringan masuk atau mengikuti pendidikan menjadi tanggungan sendiri.
  2. Dalam hubungan penerimaan calon mahasiswa ini tidak diadakan surat menyurat dan dispensasi dalam bentuk apapun.
  3. Tatacara pendaftaran secara rinci dapat dilihat di lokasi pendaftaran.
  4. Pengumuman dapat dilihat di website Departemen Keuangan R.I (www.depkeu.go.id)

Dikeluarkan di Jakarta

Pada tanggal : 22 Juni 2007
Sekretaris Jenderal

Mulia P Nasution
NIP 060046519

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: